Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Petunjuk_Teknis Pengolahan Lebah Madu

Penerbit : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Tahun : 2012

Jawa Timur memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan peternakan lebah madu, hal ini dikarenakan adanya faktor-faktor pendukung, seperti banyaknya jenis hutan dan perkebunan dengan berbagai tanaman serta iklim yang memungkinkan bunga tersedia sepanjang tahun. Bunga adalah sumber makanan pokok lebah madu.

Read more: Petunjuk_Teknis Pengolahan Lebah Madu

Pengolahan Mete

Penerbit : Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur

Tahun Terbit : 2012

Tanaman jambu mete (Anacardium occidentale L) telah lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia, namun baru saat ini sedang dalam pengembangannya baik oleh perkebunan  rakyat  maupun oleh perkebunan besar swasta.  Selain sebagai  tanaman yang produktif jambu mete ini bermanfaat juga sebagai tanaman penghijauan, dan tanaman konservasi dalam rehabilitasi lahan kritis.

Read more: Pengolahan Mete

Pengolahan Nilam

Penerbit : Dinas Perkebunan

Tahun Terbit : 2012

Minyak nilam berasal dari tanaman nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan salah satu komoditi non migas yang belum dikenal secara meluas di Indonesia, tapi cukup popular di pasaran Internasional. Indonesia merupakan penghasil minyak nilam terbesar di dunia yang setiap tahunnya memasok 70% hingga 90% kebutuhan dunia. Ekspor nilam Indonesia berfluktuasi dengan laju peningkatan ekspor sekitar 6% per tahun atau sebesar 700  ton sampai 2.000 ton minyak nilam per tahun.

Read more: Pengolahan Nilam

Copyright © 2013 Dinas Perkebunan Jawa Timur. All rights reserved